Tuesday, June 14, 2011

Michel: Guardiola Merevolusi Sepak Bola


Eks gelandang Real Madrid, Michel kagum dengan gaya bermain yang diterapkan Josep Guardiola pada skuad Barcelona. Menurutnya, ini merupakan sebuah revolusi terhadap sepak bola.

Michel memuji lakon yang dimainkan skuad Barcelona yang sukses menggondol dua piala pada musim 2010/2011, setelah menjuarai gelar di ajang La Liga Primera Spanyol dan berhasil keluar menjadi jawara di panggung Liga Champion dengan menundukkan Manchester United dengan skor 3-1, di final, akhir Mei lalu.

Menurut mantan pelatih Getafe yang diberhentikan awal bulan ini, skuad Blaugrana tak hanya menampilkan sepak bola indah, tapi menegaskan jika mereka memiliki tujuan yang terencana untuk mendapatkan hasil yang bagus. Oleh karena itu, hasil yang ditorehkan Barcelona merupakan berkat perpaduan kemampuan pemain dengan tangan dingin sang nahkoda.

"Pelatih Barcelona, Pep Guardiola telah merevolusi sepak bola. Tidak ada langkah untuk kemunduran dan karena mereka memiliki pemain yang menakjubkan, yang tahu tugas mereka dalam mengolah bola," kata Michel seperti yang dilansir Goal.com.

"Gaya bermain ini sangat tidak mungkin digunakan tanpa karakter yang dimiliki pemain. Mereka membutuhkan kepribadian dan keinginan untuk meningkatkannya," lanjut mantan pelatih yang juga pernah menahkodai Real Madrid B ini.

"Sepak bola Barcelona merupakan hal yang mustahil dilakukan. Tapi mereka mampu mengkombinasikan permainan yang baik dengan mencatat hasil yang bagus. Hasil luar biasa dari Spanyol dan Barcelona, tampak menjadi sesuatu yang sederhana," tambah tambah eks pelatih bernama lengkap Jose Miguel Gonzalez Martin del Campo ini.

No comments:

Post a Comment